Feeds:
Posts
Comments

Seminggu ini ikal&ilham sakit dan nangis terus.
Saking gak teganya, aq jadi ikutan netesin air mata.
Utinyajuga ikut nangis.
Alhamdulillah sekarang anak2 dah agak baikan.

Komentar uti : “Alhamdulillah sakitnya ndak lama. harus banyak bersyukur karena anak2 cepet sembuh.”

Advertisements

Belajar Huruf dan Angka

ilham, 2 tahun 6 bulan, sekarang sering kuajari karakter (huruf dan angka).
Ndak repot, karena sama mainan + aktivitas sehari2.

Metodenya sementara ini ada 3 :
1. Cantol
Medianya menggunakan papan tulis kecil yang bisa ditulisi dan dihapus.
Aq menggambar suatu bentuk yang gampang ditemui dalam keseharian, lalu main tebak2an sama ilham.
Misal :
– 2 gunung itu huruf M
– 1 gunung & 1 pohon itu huruf N
– Ular itu huruf S
– Telur ayam terus diatasnya telur puyuh itu angka 8
– Gelas itu huruf U

2. Mencari huruf
Medianya menggunakan koran.
Pas pagi aq kan suka baca koran, ilham suka ikut2an.
Daripada ngrusuhi, ya kusuruh aja nyari huruf yang dia kenal.
Jadi ngomongnya : “Ayo mas ilham, cari huruf A…”
Dia asyik nyari huruf A, aqnya asyik baca :p

3. Ngetik
Medianya komputer.
ilham kukenalkan huruf dengan belajar menekan tuts keyboard.
khusus angka, kuarahkan untuk menekan numpad.

Lumayan, sekarang dia sudah bisa mengenali huruf i, l, h, a, m, n, o, a, s, angka 0, 1, 2, 8, 4.
Apa lagi ya?
Lainnya diajari pelan2 sambil nunggu inspirasi lain analogi huruf / angka dengan benda sehari2 😀

Sebelum bobo, aq membiasakan putraku untuk berdo’a sebelum tidur dan mendo’akan hal2 baik untuk dirinya sendiri, keluarga, dan orang2 lain yang perlu dido’akan.

Nink bilang : “Ayo, berdo’a dulu. Ya Allah, jagalah ilham, jagalah adiknya ilham, …”
Ilham : “Oscar* juga !”
Nink (Mesem) : “Iya, jagalah Oscar juga ya Allah. Terus jagalah … (kusebutin semua keluarga+rekan yg perlu didoakan)”
Ilham tampak puas. Dia tersenyum sambil ngantuk2.

*) Ket : Oscar –> kadal di kartun Oscar’s Oasis.

Mengajar di lab AJK pukul 13.30 – 15.10 WIB menggantikan Bu Diana.
Asisten : Pak Doni.

Alhamdulillah…
Hari ini SK CPNS henning keluar.
NIP baruku ini lho : 198407082010122004.

Semoga dengan penyemangat ini aq semakin giat bekerja.
Maturnuwun ya Allah, maturnuwun sing kathah 🙂

Status Si Bayi

“22 weeks, 3 days along. 123 days to go !
29 cm dan 500 gr.
Busy with babyworkouts & playing somersaults”

Weh, tenane kok.
Si kecil di perut sekarang sering banget nendang2.
Pindah ke perut kiri, pindah ke perut kanan.
Mumpung spacenya masih luas ya nak? 🙂

Btw, aq mulai sembelit nih.
Kata adikku yg kuliah di keperawatan, emang gitu adanya.
Kebetulan dia sedang mempelajari bab pre-natal & baby birth.
Alasannya adalah karena rectum (usus besar) terdesak/terhalangi oleh sang bayi.
Wajar juga klo sering pipis, karena kandung kemih tertekan oleh sang bayi.

Hmmm..Gitu ya dek?
Thanks deh infonya 🙂

Status si bayi (seharusnya) : “28 cm & 425 gram”.

Lho, ternyata si bayi sedang proses ‘Dreaming and a regular sleep cycle are established’.
Pantes seminggu ini aq tidak bisa tidur klo ndak jam 01.00 – 01.30.
Bangun sebelum subuh, trus jam 5 – 7 bobo lagi.

Si kecil di perut suka tirakat ya?
Anakku sayang, jadilah anak yang sholeh / sholihah 🙂